30 Jul 2015

Tips Sukses Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Beberapa mahasiswa di berbagai perguruan tinggi kini tengah menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai wilayah di Indonesia. Melalui KKN inilah, para mahasiswa mempraktikkan ilmunya secara langsung kepada masyarakat.

Tapi, untuk berhasil dalam KKN, terdapat beberapa tips yang bisa mahasiswa lakukan.


1. Beradaptasi dengan budaya masyarakat setempat

Ketika berada di lingkungan baru, kita harus bisa beradaptasi dengan masyarakat sekitar. Jangan membawa budaya kota ke tempat KKN. Kita harus bisa tampil sederhana, apalagi jika kondisi masyarakat di tempat KKN kita serba kekurangan. Terimalah segala keadaan yang ada di tempat KKN, mulai dari tempat tinggal, MCK, dan jenis makanan.

2. Kunjungi tokoh masyarakat

Untuk melakukan pengabdian dan membuat program untuk masyarakat, kita harus berkoordinasi dengan masyarakat setempat. Sebab, sebagian masyarakat masih sangat patuh terhadap tokoh masyarakat. Jadi, agar kita dapat menjalankan KKN dengan lancar, kunjungilah para tokoh masyarakat, seperti kepala desa, sekretaris desa, dan ulama. Libatkan para tokoh tersebut di setiap program yang kamu lakukan.

3. Ikuti kegiatan masyarakat

Sebagai mahasiswa KKN, kita juga harus mengikuti kegiatan masyarakat. Misalnya, kegiatan pengajian, posyandu, rapat desa, dan sebagainya. Cara ini sekaligus dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sehingga banyak masyarakat yang lebih mengenal kita. Semakin kita dikenal warga sekitar, maka akan semakin mudah kelompok KKNnya untuk menjalankan progam.

4. Kerjasama dengan organisasi desa

Selain berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, penting juga untuk berkoordinasi dengan organisasi desa. Kita bisa melakukan pendekatan dengan karang taruna untuk organisasi remaja, PKK untuk perkumpulan ibu-ibu, dan kader Posyandu untuk program kesehatan. Para stakeholder tersebut akan membantu kita dalam melakukan kegiatan, terutama untuk mengumpulkan masyarakat yang akan kita berikan penyuluhan.

5. Menghargai pemberian masyarakat

Ini adalah salah satu poin yang cukup penting. Kita harus bisa menjaga perasaan warga setempat dengan cara menghargai mereka. Contoh sederhana yang bisa kita terapkan adalah dengan tidak menolak pemberian mereka. Jika kita diberi makanan, maka cobalah, jangan menolak meskipun kita tidak menyukainya.

6. Ramah

Tebarkan senyum pada masyarakat yang kita temui di jalan. Kita juga bisa menyapa atau mengucapkan permisi ketika lewat. Selain itu, kita juga bisa bermain bersama anak-anak sekitar, seperti bermain bola. Kita harus bisa menciptakan kondisi bahwa masyarakat merasa nyaman dengan kehadiran mahasiswa KKN di wilayahnya tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar